Cara Menulis Artikel/Postingan di Blogger

Cara Menulis Artikel/Postingan di Blogger

Cara Menulis Artikel/Postingan di Blogger
Cara menulis artikel/postingan di blogger - Salah satu aktivitas blogger setelah membuat blog adalah memelihara blognya dengan cara mengisi blognya dengan artikel, yang artinya blogger akan terus disibukkan oleh aktivitas tulis menulis artikel hingga artikel postingannya berjumlah banyak.

Menulis artikel postingan di blog sangatlah mudah, sama halnya seperti sobat mengetik di ms word. Walau tak begitu lengkap jika dibandingkan dengan ms word. Fitur editor dalam menulis artikel pada blog tetap menjadi andalan saat ini dan juga cukup lengkap, sobat bisa memasukan gambar, membuat link (tulisan biru) yang bisa diklik, memilih format dan jenis tulisan dan lain sebagainya didalamnya dengan tinggal klik dan klik.

Tapi sobat mungkin saja akan mengalami kesulitan bagaimana cara menambahkan dan menulis artikel postingan di blog untuk pertama kali, apalagi  sobat merupakan blogger pemula yang baru membuat blog dan baru pertama kali berkecimpung di dunia blog. Pasti bingung mau nulis artikel postingan apa dan mau mulai dari mana. Percaya deh.

Perlu sobat ketahui, untuk menulis artikel postingan atau menerbitkan tulisan di blog, ada beberapa alternatif yang bisa sobat pilih, bisa menggunakan komputer, juga bisa menggunakan perangkat hp android.

Cara yang paling efektif adalah menulis langsung  di editor artikel blog lewat komputer, dengan catatan komputer sobat sudah terhubung ke jaringan internet.

Namun sebagai pilihan jika sobat tidak memiliki komputer atau sobat sedang tidak didepan komputer, sobat juga bisa menggunakan perangkat hp android, karena saat ini blog terutama blog berflatform blogspot selain berbasis web, juga sudah tersedia untuk android, sehingga sobat bisa mengelola blog sobat terutama mengisi tulisan melalui hp android sobat.

Hal berikutnya yang perlu sobat pahami dan lakukan adalah mulai mengisi blog dengan menulis artikel atau posting artikel di blog. 
Terus?
Cara menulis artikel postingan di blogger sendiri bisa dibilang cukup mudah. Pada dasarnya hampir sama seperti menulis email atau status di facebook. Tinggal ketik, curahkan isi hati atau ide, terus posting deh.
Emang semudah itu yah kak?
Gak juga sih, tapi sama persis kok. Yang membedakannya adalah tekniknya. Disini kita harus tau kerapian teks, paragraph, link teks, deskripsi penelusuran, dan lan sebagainya. Teknik seperti itu disebut teknik SEO. Jadi, jika sobat saki sudah terbiasa menulis email atau status di facebook maka untuk melakukan posting artikel di blog bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari.

Kalau gak pernah gimana kak?
Namun, jika sobat saki belum pernah menulis email atau status maka itu artinya sobat bener-bener sulit untuk memulainya. Harus belajar lagi. Tapi jangan khawatir karena tidak ada kata terlambat untuk terus belajar. Karena semua dimulai dari bawah hehehe. Dan untuk panduan belajar tentang cara menulis artikel postingan di blogger, mungkin sobat saki bisa belajar dari link dibawah ini.
Caranya baca disini atau
Yang ini.
  • Aturan Google

Diusahakan dalam menulis artikel postingan tidak boleh copy-paste yah. Dikarenakan google akan mendeteksi keyword atau teks blog yang copy-paste secara otomatis. Dan google akan langsung membuat blog sobat saki berada pada urutan paling bawah jika sobat saki memposting artikel blog orang lain ke blog sobat saki sendiri. 

Bisa juga, blog sobat saki di blokir dikarenakan mengambil hak cipta orang lain oleh DMCA. Atau lebih parahnya lagi, blog saki sobat tidak diterima oleh pihak google untuk mengaktifkan fitur penghasilan untuk menghasilkan uang.

Ini bukan sebuah ancaman hoax, tapi memang udah terbukti. Banyak yang mengalami kegagalan dalam membangun sebuah blognya dikarenakan gak ngerti apa yang mau dibuat dan ditulis. Maka dari itu, sebelum menulis artikel didalam blog postingan artikel, disarankan sobat saki sudah mengerti tentang SEO. Jadi, jika sudah paham mengenai SEO, maka aku yakin, sobat saki bisa membuat dan menulis artikel sendiri. 
Google membayar sobat saki untuk berkarya bukan untuk mencuri :)
Ini aku berikan fakta dan bukti bahwa mengambil hak orang lain tanpa permisi adalah melanggar. Contohnya seperti gambar dibawah ini :
Cara Menulis Artikel/Postingan di Blogger

Seiring perkembangan zaman, google sudah memiliki teknologi terbaru untuk mengantisipasi blog yang mencuri karya orang lain seperti contoh diatas. Jadi buatlah tulisan artikel sendiri. Atau bisa juga meletakkan link sumbernya untuk menghargai karya orang lain. Mungkin itu aja sih saran dari aku untuk aturan mengenai cara menulis artikel postingan di blogger.

Untuk panduan menulis artikel postingan di dalam blog, silahkan baca langkah-langkahnya dibawah ini:
#1. Login dulu ke blogger.
#2. Pilih menu postingan > klik tombol entri baru untuk membuat artikel postingan baru.
Cara Menulis Artikel/Postingan di Blogger

#3. Berikutnya sobat saki akan diarahkan secara otomatis ke halaman editor artikel untuk proses pembuatan sebuah postingan. Lalu ikuti panduan gambar dibawah ini sesuai nomor, untuk memahami penggunaan dan pengelolaan artikel postingan yang baik dan benar.
Cara Menulis Artikel/Postingan di Blogger
Keterangan :
    1. Judul artikel (membuat judul blog).
    2. Isi artikel (membuat isi artikelnya).
    3. Menu-menu untuk membuat maupun mengganti warna tulisan, ukuran font, upload gambar dan video, dan lain sebagainya.
    4. Format postingan. Pilih saja compose untuk pemula.
    5. Label postingan. Penjelasan memberi labelnya.
    6. Tanggal artikel ditulis.
    7. Tautan permanen.
    8. Lokasi sobat saat menulis artikel. tidak wajib diisi.
    9. Beberapa opsi lain yang bisa dipilih.
    10. Tombol untuk mempublikasikan artikel sobat.
    11. Tombol untuk menyimpan artikel ke Draft.
    12. Preview postingan sebelum dipublikasikan.


#4. Setelah sobat saki sedikit paham dengan menu-menu yang ada pada editor artikel diatas, sekarang sobat tinggal tulis apa aja yang ingin sobat tulis.
#5. Jika sudah selesai membuat isi artikelnya, pastikan semua menu disebelah kanan terisi semua > lalu klik tombol publikasikan untuk membuat artikelnya.
Cara Menulis Artikel/Postingan di Blogger

#6. Nah, Sekarang tulisan sobat saki sudah online dan bisa dibaca oleh banyak orang.
#7. Untuk melihat hasil artikel postingan yang kita buat tadi, sobat saki bisa klik lihat pada bagian judul postingan sobat. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
#8. Selesai.
Cara Menulis Artikel/Postingan di Blogger

Diatas hanyalah keterangan, untuk langkah-langkah cara menulis artikel postingan di blogger, sebenarnya sobat saki harus mengatur :
  1. Judul artikel.
  2. Isi Artikel yang harus ada tag H1,H2,H3 dan sebagainya didalamnya.
  3. Label.
  4. Tautan permanen sebagai pemendek url/link artikel postingan.
  5. Deskripsi penelusuran sebagai keterangan judul artikel postingan.
Cara Menulis Artikel/Postingan di Blogger


Semoga postingan ini dapat membantu sobat saki dalam cara menulis artikel/postingan di blogger. Semoga dengan artikel kali ini, sobat saki sudah paham bagaimana cara menulis artikel postingan yang baik dan benar bagi google. Jadi, disaat sobat sudah terbiasa menulis artikel di blog, sobat gak kebingungan lagi mau nulis artikel apa dan mau mulai dari mana. Mungkin itu aja yang bisa aku bagikan hari ini. Terima kasih hehehe.

Catatan : untuk menulis artikel postingan, aku sarankan latihan dulu di blog dengan menulis artikel postingan yang kita sukai dulu. Nah, terus promosiin atau minta penilaian teman, apakah tulisan artikel yang kita buat sudah menarik atau belum. Jika sudah, coba tulis lagi tapi pakai cara yang sama, sampai bener-bener dapat makna menulisnya. Kalau sudah mahir, baru deh mulai bahas topik yang trend saat ini. Jika dirasa tulisan artikel postingan belum baik, latihan terus, sampai bisa. Karena usaha pasti akan membuahkan hasil hehehe.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel