Cara Mengatasi Tombol Reply yang Rusak di Komentar Blog

Cara Mengatasi Tombol Reply yang Rusak di Komentar Blog

Cara Mengatasi Tombol Reply yang Rusak di Komentar Blog
Beberapa hari lalu muncul sebuah masalah yang cukup membuat panik kebanyakan blogger yaitu yang menggunakan komentar bawaan blogger seperti aku ini. Yaitu tombol reply (balas komentar) yang tidak bisa diklik, yang mengakibatkan pengunjung tidak bisa melakukan balasan komentar di blog.

Aku pun langsung bertanya di forum bantuan google hari itu juga. Sayangnya belum ada jawaban memuaskan. Setelah melakukan beberapa test sendiri, akhirnya solusinya ketemu juga di hari yang sama (16 November 2018). Rupa-rupanya blogger dalam beberapa tahun ini atau bulan ini, melakukan sedikit perubahan di blog. Dan pemberitahuan ini sudah lama diberikan. Tapi banyak blogger pemula atau pro, yang melupakan pemberitahuan ini, sehingga banyak menimbulkan pertanyaan mengenai artikel semacam ini di google.

Kalau sobat mau tahu penjelasan kenapa tombol reply tidak bekerja, klik link forum bantuan google di atas. Mungkin disana, sobat bisa mendapatkan solusi penjelasan lebih lengkapnya. 

Ehm, awalnya aku tidak berniat membuat postingan ini, toh solusinya sepele. Dan sudah dishare di grup blogger indonesia di facebook juga. Dan benar filling aku, ternyata masih ada beberapa orang yang tidak tahu bahwa ini adalah error dari blogger, bukan dari pemilik situs. Padahal udah dijelasin disana, masih gak ngerti juga hahaha. 

Jadi postingan ini hanya untuk memberitahukan kembali bahwa tombol reply yang tidak bisa di-klik di komentar adalah error yang muncul dari blogger, bukan karena templatenya. Jadi, jika sobat ingin memperbaiki dan mengatasi masalah ini, silahkan ikuti panduan langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Cara Mengatasi Tombol Reply yang Rusak di Komentar Blog

Secara garis besar, komentar blogger terbagi menjadi 2 bagian yaitu antara komentar asli dan komentar yang dimodifikasi (threaded comment hack). Jika sobat semua ada yang menggunakan 2 bagian ini didalam komentar blog, solusi untuk masing-masing jenis masalah komentar pun berbeda. Maka dari itu, sobat harus cari tahu dulu templatenya memakai komentar asli atau threaded comment.

Bagaimana cara membedakan komentar biasa dan threaded comment yang sudah dimodifikasi?. Caranya, check dengan dengan menyorot tombol reply dan lihat URLnya seperti gambar dibawah. Kalau tidak muncul URLnya, artinya sobat memakai komentar asli.
Cara Mengatasi Tombol Reply yang Rusak di Komentar Blog

Kalau muncul URL dengan format {URL_artikel}#r_{ID_komen} itu artinya memakai komentar modifikasi. Contoh:
https://domain.blogspot.com/2018/12/artikel.html#r_c34482131582800200
Kenapa Fungsi Reply Komentar Bawaan Blogspot Tidak Bekerja


a. Cara Pertama

Cara Mengatasi Tombol Reply yang Rusak di Komentar Blog

Cara ini untuk blog yang memakai komentar bawaan atau asli di blognya. Kenapa sih error ini bisa terjadi?, jawabannya adalah karena, si pembuat template menyembunyikan java script bundle bawaan blogger. Jadi solusinya, kita tinggal memunculkan kembali java script bawaan tersebut. Dengan cara, seperti panduan dibawah ini.

#1. Buka blogger.
#2. Pilih menu tema > pilih edit html.
Cara Mengatasi Tombol Reply yang Rusak di Komentar Blog
#3. Lihat tag penutup body yang berada di akhir kode HTML template. Penulisannya berbeda-beda tergantung bagaimana kamu menulisnya. Bisa jadi seperti ini (yang aku pakai):
&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;
Bisa juga seperti ini:
<textarea style='display:none'><head/><body/></textarea>&lt;/body&gt;
Atau bisa juga yang lainnya. Tinggal cari tau aja.

#4. Lalu GANTI kode tersebut dengan tag penutup body yang benar, yaitu ini:
</body>
#5. Setelah itu simpan template dan lihat hasilnya.

#6. Jika semua pegaturan di atas sudah dilakukan tapi masih terjadi error, cari kode ini:
&lt;!--</head>--&gt;&lt;/head&gt;
Ganti menjadi ini:
</head>

#7. Ada satu langkah terakhir. Cara ini untuk memperbaiki kolom komentar yang tidak muncul di artikel yang belum memiliki satupun komentar sebelumnya. Caranya, cari kode ini.
<b:includable id='comment_picker' var='post'>...</b:includable>
Ganti dengan ini:
<b:includable id='comment_picker' var='post'>
<b:if cond='data:post.commentSource == 1'>
<b:include data='post' name='iframe_comments'/>
<b:elseif cond='data:post.showThreadedComments'/>
<b:include data='post' name='threaded_comments'/>
<b:else/>
<b:include data='post' name='comments'/>
</b:if>
</b:includable>

Apakah pada dasarnya template bawaan blog sobat sudah menggunakan tag </body> dan </head> didalamnya, tapi tetap saja tombol reply masih rusak? Maka cobalah cara kedua di bawah ini.


b. Cara Kedua

Cara Mengatasi Tombol Reply yang Rusak di Komentar Blog
Biasanya template yang memakai threaded comment atau yang dari awal memakai tag HTML </body> dan </head> tidak mempan memakai cara pertama. Maka kamu harus coba cara alternatif ini.

Sejak masalah tombol reply error ini terjadi, ada beberapa template yang tampilan komentar modifikasinya tidak lagi menjadi threaded (bertingkat/bersarang). Cara berikut ini hanya membantu untuk memperbaiki fitur reply saja dan bukan memperbaiki agar tampilannya kembali menjadi bertingkat-tingkat.

Langkah-langkah memperbaiki tombol reply yang rusak atau error adalah seperti ini. Sobat TIDAK PERLU mengembalikan kode java script bundel, seperti cara pertama. Biarkan saja tag penutup head dan bodynya. Untuk langkah selanjutnya, silahkan sobat ikuti panduannya dibawah ini.
 #1. Buka blogger.
#2. Pilih menu tema > pilih edit html.
Cara Mengatasi Tombol Reply yang Rusak di Komentar Blog
#3. Cukup tambahkan kode ini DI ATAS tag penutup </body>.
<script> //<![CDATA[
/* Repair Reply Button by igniel.com */
function Display_Reply_Form(e) {
par_id=$(e).attr('id');
par_id=Valid_Par_Id(par_id);
html=$(Cur_Cform_Hdr).html();
if(Cur_Cform_Hdr=='.comment_form') {
reset_html='<a href=\"#origin_cform\" onclick=\"Reset_Comment_Form()\" id=\"resetcomments\">Add Comments</a><a name=\"origin_cform\"/>';
$(Cur_Cform_Hdr).html(reset_html)
}
else {
$(Cur_Cform_Hdr).html('')
}
Cur_Cform_Hdr='#r_f_c'+par_id;
$(Cur_Cform_Hdr).html(html);
$('#comment-editor').attr('src',Cform_Ins_ParID(par_id))
}
//]]> </script>
#4. Terakhir simpan template dan lihat hasilnya.
#5. Selesai.

2. Kok Tiba-tiba Error Ya?

Cara Mengatasi Tombol Reply yang Rusak di Komentar Blog

Ya nggak tau. Mungkin blogger sudah update. Dan melakukan sedikit perubahan didalamnya mengenai tidak boleh menghapus script bundle yang seharusnya dipasang di blog. Tapi Usut punya usut, script itu ternyata cukup membantu dalam beberapa hal dan bisa membuat custom template yang lebih keren. Cuma, belum ada yang tau hehehe.

Di atas adalah solusi tercepat yang sementara ini berhasil aku temukan. Efek jelek menggunakan kode diatas yaitu skor blog sobat atau kecepatan blog sobat akan berkurang sedikit di beberapa situs test kecepatan blog, seperti GTmetrix atau Google page speed insight.

Baca juga : seventheme ~ template para tutorial blogging simple dan fast loading. dapatkan templatenya dengan sekali klik. hanya disini.
Jika ada solusi lain mengenai memunculkan javascript bawaan, mungkin akan aku update di sini. Untuk itu, terus ikuti blog aku yah. Biar aku tambah semangat membagikan tutorial atau panduan blog disini. Dan Semoga masalah blogging saat ini sudah terjawab semua. Dan tidak jadi berganti ke disqus hehehe. Itu aja sih menurut aku. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel