Cara Optimasi SEO On Page dengan Mudah di Blog | Asli Belajar Sendiri Part 3

Cara Optimasi SEO On Page dengan Mudah di Blog | Asli Belajar Sendiri Part 3

Cara Optimasi SEO On Page dengan Mudah di Blog | Asli Belajar Sendiri Part 3
Aku yakin sobat pernah nyari tugas sekolah maupun kampus di wikipedia, dan melihat banyak kata aneh dan link-link aneh disana. Tapi saat ini, sobat nyaris tidak pernah bertanya pada diri sendiri mengapa Wikipedia bisa sangat mendominasi halaman pertama dan peringkatnya tetap pada nomor 1 di google. Ituah yang menjadi inti artikel yang akan dibahas kali ini. 

Aku yakin, sobat tidak sempat mempertanyakan hal itu, karena menganggap wajar bahwa Wikipedia adalah situs besar yang sangat kaya akan konten. Tapi pernah gak kepikiran, situs web tersebut cara kerjanya gimana?. Kalau boleh aku menjawab, jawabannya adalah karna halamannya yang onpage. Yang artinya, wikipedia mengemas artikel postingan dengan sangat bagus dan rapi karena hubungan antar artikel saling berhubungan satu sama lain.

Ini menandakan bahwa, Wikipedia bermain dengan sangat bersih dan rapi. Ini bukan cuma tentang backlink. Ada sesuatu yang lebih serius yang harus sobat  perhatikan daripada hanya fokus membangun link. Untuk itu, mari kita kupas habis bagaimana strategi onpage yang dilakukan oleh Wikipedia.

1. Artikel yang Dibuat Sangat Ilmiah, Risetnya Sangat Akurat

Artikel yang Dibuat Sangat Ilmiah, Risetnya Sangat Akurat

Inilah rahasia yang menjadikan Wikipedia besar seperti hari ini. Ini pula yang membuat orang berbondong-bondong membuat backlink secara sukarela karena menganggap Wikipedia sebagai ladang pencarian. Dengan mengikuti cara kerja artikel yang mereka buat.

Tapi sebelum itu, pernahkah sobat mendapati konten tak bermutu di Wikipedia? Aku yakin pasti tidak pernah. Apa yang kita dapat dari Wikipedia sangatlah berbobot dan memuaskan.
Jadi, mempunyai konten dengan jumlah kata yang banyak saja masih belum cukup. Yang harus dibangun adalah kepercayaan dari pembaca. Bagaimana blog sobat bisa dipercaya oleh pembaca dan dijadikan rujukan mereka.

2. Jumlah Kata yang Sangat Banyak

Jumlah Kata yang Sangat Banyak

Sekelebat ingatan aku, jumlah kata yang ada di setiap konten di Wikipedia sangatlah banyak. Kalau dilihat-lihat sekilas, ada sekitar 1.000 kata. Bahkan seringkali di atas 2.000 kata. Sungguh hebat bukan?

Ini juga jadi jawaban yang sangat jelas. Bahwa jumlah kata mampu berpengaruh terhadap posisi ranking konten di Google. Plus data-data yang ditampilkan harus bertanggung-jawab, seperti yang aku sebutkan di atas.
Tidak jarang juga konten-konten di sana menggunakan lebih dari 10 ribu kata. Yang membuat Wikipedia tetap berada di urutan 1 sampai saat ini.

Menurut hasil riset dari SerpIQ, jumlah kata dalam artikel bisa mempengaruhi posisi konten di halaman Google. Rata-rata konten yang ada di halaman pertama Google mempunyai 2.000 kata dalam kontennya.
jumlah kata mempengaruhi ranking
Nah, jelas kan?

Aku sendiri sejak awal tahun 2016 sangat terobsesi dengan jumlah kata. Beberapa riset aku lakukan dan hasilnya cukup menarik, 70% konten yang dibuat dengan jumlah kata di atas 2.000 bisa masuk ke halaman pertama Google. Tapi, seperti yang aku jelaskan di atas, harus trusted dan menarik. Mengandalkan jumlah kata saja tidak cukup.

Salah satu alasan mengapa keyword itu bisa berada di posisi tersebut adalah menggunakan 10rb kata lebih di dalam kontennya. Meski aku akui, konten itu belum sempurna secara kualitas dan belum bisa dikatakan menarik (menurut aku), tapi mungkin nanti, bisa diperbaiki, sudah direncanakan langkah-langkahnya oleh pihak Wikipedia.

3. Internal Link yang Bagus, Tertata, Rapi, dan Relevansi

Internal Link yang Bagus, Tertata, Rapi, dan Relevansi

Yap, Wikipedia mempunyai jutaan konten. Yang setiap konten selalu terhubung dengan konten lainnya yang relevan. Ini juga yang menjadi alasan mengapa Wikipedia menjadi situs yang trusted yang lengkap. Ada satu hal menarik yang aku amati terkait internal link di Wikipedia yang belakangan ini mau aku coba terapkan di beberapa blog yang aku kelola. Hal menarik itu adalah anchor text dan permalink-nya, sering kali terlihat sama. Coba sobat masuk ke halaman Wikipedia ini dan hover setiap link yang ada, lihat bagaimana permalink yang digunakan.

Menarik bukan? Ini yang jarang orang lakukan dan sadari. Aku sedang mencoba perbaiki beberapa konten lama terkait hal ini. Misalnya, keyword yang ingin aku taklukkan adalah cara menjadi blogger sukses, maka aku akan membuat judul 14 Cara Seru Menjadi Blogger Sukses Modal Internet, dan permalinknya seperti ini kucingnakal.com/cara-menjadi-blogger-sukses.

Lalu ketika aku membuat artikel baru, dan sedang relevan dengan tema blog, aku akan membuat internal link dengan anchor text cara menjadi blogger sukses dan mengarahkannya ke konten tersebut. Kira-kira begitulah maksudnya. Untuk lebih pahamnya lagi, sobat bisa baca penjelasan manfaat internal link tersebut dibawah ini :
  1. Meningkatkan link-flow atau link-juice di website sobat, sehingga konten yang dituju juga ikut terangkat di Google rank.
  2. Anchor text yang sobat buat akan membantu Google memahami secara lebih akurat bahwa tema konten tersebut (yang dituju) benar-benar seperti yang dideskripsikan melalui anchor text.
  3. Internal link membantu robot Google untuk menelusuri bagian-bagian lain dari website sobat.
  4. Dari sisi manusia, tentu ini akan meningkatkan user experience. Pengunjung jadi lebih mudah menelusuri konten yang berkaitan yang menurut mereka menarik untuk diikuti. Menurunkan bounce-rate, dan meningkatkan pageviews.

4. Menempatkan Keyword di Awal

Menempatkan Keyword di Awal

Harus diakui, strategi ini masih berlaku sampai sekarang, dan Wikipedia masih  menggunakannya. Dengan cara, menempatkan keyword di awal judul dan awal paragraf (deskripsi), untuk meningkatkan hubungan kata terkait di mesin pencari google yang mengarah ke situs web mereka. Ini buktinya:
Contoh Keyword Wikipedia sampel 1
Sample Pertama

Contoh Keyword Wikipedia sampel 2
Sample Kedua

Contoh Keyword Wikipedia sampel 3
Sample Ketiga

Entahlah, banyak perdebatan seputar hal ini. Ada yang mengatakan menempatkan keyword di awal ini tidak penting, tidak memberikan efek. Tapi nyatanya Wikipedia menggunakan cara ini sampai saat ini. Dan aku pun mulai menggunakan cara ini, masih di contoh konten yang sama, “bang andre”. Agar terlihat SEO friendly.

Tidak hanya itu, hal menarik lainnya adalah Wikipedia menggunakan bold pada tiap keyword-keyword mereka, silahkan cek sendiri. Hal yang menurut beberapa kalangan juga tidak memberikan pengaruh terhadap mesin pencari, lagi-lagi Wikipedia menggunakannya. Dan aku pun menirunya untuk contoh yang sama, “bang andre”.

5. Mempersiapkan ALT dan file-name yang Tepat di Setiap Gambar

Mempersiapkan ALT dan file-name yang Tepat di Setiap Gambar

Agak menyita waktu tapi memberikan dampak yang signifikan. Itulah yang terjadi di Wikipedia. Silahkan sobat lihat hampir semua gambar yang menempel di Wikipedia mempunyai ALT dan file-name yang deskriptif dan mengandung keyword (density).

Untuk ALT-nya tidak terlalu lengkap, ada beberapa yang kosong, tapi untuk file-name seringkali terisi dengan baik dan nyaris sempurna. Itulah salah satu contoh mengapa Wikipedia masih menjadi situs web terbaik saat ini. Silahkan cek halaman ini.

6. Menulis Secara Natural, Apa Adanya

Menulis Secara Natural, Apa Adanya

Seperti saat aku membuat konten ini, per kalimat ini sudah mencapai 2.400-an kata, dan nyatanya sobat masih saja membaca pelajaran ini bukan? Karena aku menulis konten ini secara natural sehingga tetap nyaman untuk dinikmati.

Sobat pasti sering menjumpai konten yang sangat tidak enak untuk dibaca. Susunan kata tidak beraturan, dan informasi yang disampaikan tidak jelas (tidak meyakinkan), yang terjadi selanjutnya adalah sobat pergi begitu saja tanpa mengingat situs apa yang barusan sobat kunjungi. Itulah mengapa, kita harus mempelajari cara optimasi SEO on page di halaman situs web kita. Agar terlihat rapi, bermanfaat dan menarik saat dibaca oleh banyak orang.

Apakah sekarang sobat sudah mengerti maksudnya?. Jika iyah, aku ucapakan selamat. Jika belum, coba dibaca lagi deh dengan serius. Aku yakin sobat akan mendapatkan informasi tambahan didalam situs web sobat, untuk meningkatkan kualitas artikel postingan sobat menjadi lebih baik lagi. Itu aja sih menurut aku. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel